Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam kemandirian personal hygiene pada anak pra sekolah di Tk Islam Pelangi Anak Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta

  • DIAN NUR ADKHANA SARI STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA
  • Safitri N Program Studi Ners , STIKES Surya Global, Yogyakarta Indonesia
  • Susilawati Susilawati Program Studi Ners , STIKES Surya Global, Yogyakarta Indonesia
  • Nasrullah Nasrullah Program Studi Ners , STIKES Surya Global, Yogyakarta Indonesia

Abstract

Latar belakang: Personal hygiene merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus mulai diterapkan anak sejak dini. Kemandirian personal hygiene anak dipengaruhi oleh pola asuh orangtua. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh diantaranya keterlibatan orang tua, stres orangtua, pengalaman, peran orang tua dan tipe pola asuh yang diterapkan.


Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian descriptive korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan non Pobability sampling secara total sampling sebanyak 40 orang. Analisa data menggunakan uji statistik Kendall Tau. dan Regresi Linier Berganda.


Hasil: Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orangtua dalam pengasuhan kategori tinggi sebanyak 29 orang (72,5%), stres orangtua dalam pengasuhan kategori rendah sebanyak 28 orang (70,0%), kemandirian personal hygiene kategori mandiri sebanyak 29 orang (72,5%), pengalaman orang tua dalam pengasuhan kategori tinggi sebanyak 28 orang (70%), peran orang tua dalam pola asuh kategori tinggi sebanyak 23 orang (57%) dan tipe pola asuh yang diterapkan paling banyak adalah permisif sebanyak 18 orang (45%) Ada hubungan antara keterlibatan orang tua, stres orangtua, pengalaman, peran orang tua dan tipe pola asuh dengan kemandirian personal hygiene ditandai dengan nilai signifikan 0,000<0,05, dengan kemandirian personal hygiene anak prasekolah di TK Islam Pelangi Anak Pandeyan Umbulharjo Yogyakartadengan nilai value 0,000 (nilai p<0,05).


Kesimpulan: faktor yang mempengaruhi pola asuh dalam kemandirian personal hygiene antara lain keterlibatan orang tua, stres orangtua, pengalaman, peran orang tua dan tipe pola asuh kemandirian Personal Hygiene anak prasekolah di TK Islam Pelangi Anak Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta.


 


Kata kunci: keterlibatan orang tua, stres orangtua, pengalaman, peran orang tua dan tipe pola asuh, Kemandirian Personal Hygiene.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-30
How to Cite
SARI, DIAN NUR ADKHANA et al. Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam kemandirian personal hygiene pada anak pra sekolah di Tk Islam Pelangi Anak Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 24-30, june 2018. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/121>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v7i1.121.