Hubungan breastfeeding self-efficacy dengan motivasi dalam pemberian ASI eksklusif ibu hamil trimester 3 di Puskesmas Umbulharjo Yogyakarta

breasfeeding self efficacy, motivasi, ASI eksklusif, ibu hamil trimester 3

  • Nurul Hanafi Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta, Indonesia
  • Dian Adkhana Sari STIKes Surya Global Yogyakarta

Abstract

Latar belakang: ASI merupakan sumber kehidupan bagi sang bayi pada periode extro-gestate atau pasca kelahiran. ASI eksklusif adalah pemberian air susu ibu untuk bayi di usia 0-6 bulan. Indonesia memiliki cakupan ASI ekslusif sebanyak 41,5% dan Yogyakarta memiliki presentase sebesar 71,6%. Kota Yogyakarta adalah cakupan ASI eksklusif terendah di D.I. Yogyakarta. Salah satu faktor keberhasilan pemberian ASI eksklusif adalah breastfeeding self efficacy dan motivasi. Breastfeeding self efficacy dan motivasi dapat terjadi pada ibu hamil trimester 3. Ketika Breastfeeding self efficacy dan motivasi tidak baik pada ibu hamil trimester 3 maka akan beresiko ibu tidak akan memberikan ASI eksklusif. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara breastfeeding self efficacy dengan motivasi dalam pemberian ASI eksklusif ibu trimester 3 di Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta.


Metode: Rancangan pada penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan cross sectional. Responden dalam penelitian sebanyak 58 responden dengan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis data Kendall’s Tau.


Hasil: Penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signfikan antara breastfeeding self efficacy dengan motivasi dalam pemberian ASI eksklusif ibu trimester 3 di Puskesmas Umbulharjo I kota Yogyakarta, dengan nilai koefisien korelasi Kendall,s Tau 0,439 dan p value sebesar 0,001 (p<0,05).


Kesimpulan: Semakin baik breasfeeding self efficacy ibu hamil trimester 3 maka akan semakin baik pula motivasi dalam pemberian ASI eksklusif ibu hamil trimester 3 dan begitu juga sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31
How to Cite
HANAFI, Nurul; SARI, Dian Adkhana. Hubungan breastfeeding self-efficacy dengan motivasi dalam pemberian ASI eksklusif ibu hamil trimester 3 di Puskesmas Umbulharjo Yogyakarta. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 134-139, jan. 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/144>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v7i2.144.