Perbandingan hasil pemeriksaan Mycobacterium tuberculosis dengan GeneXpert dan pewarnaan Ziehl Neelsen di rumah sakit Mitra Anugrah Lestari

Pemeriksaan Tuberkulosis

  • Ni' matul - Murtafi'ah Stikes Rajawali Bandung
  • Fitri Rahmi Fadhilah Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medik, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali, Bandung
  • Rizka Krisdaryani Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medik, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali, Bandung

Abstract

Latar Belakang : Penyakit tuberkulosis paru merupakan penyakit infeksi yang masih menjadi masalah kesehatan dalam masyarakat. Penyakit tuberkulosis paru dimulai dari tuberkulosis, berarti suatu penyakit infeksi yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pemeriksaan TB Paru dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pemeriksaan menggunakan alat GeneXpert dan Pewarnaan BTA yang dilihat langsung dibawah mikroskop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil pemeriksaan Mycobacterium tuberculosis pada pasien Tuberkulosis dengan menggunakan alat GeneXpert dan Pewarnaan BTA metode Ziehl-Neelsen.


Metode. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan distribusi  hasil perbandingan  pemeriksaan  mikroskopik  BTA pewarnaan  Ziehl Neelsen dan hasil pemeriksaan GeneXpert dilihat dari masing-masing interpretasi hasil pemeriksaan.


Hasil. Pemeriksaan mikroskopik BTA dengan pewarnaan Ziehl Neelsen didapatkan hasil negatif 74% dan positif 26% dari total 30 sampel. Pemeriksaan GeneXpert didapatkan hasil 67% negatif dan 33% positif dari total 30 sampel. Dari data tersebut dapat dilihat GeneXpert memiliki nilai positif yang lebih tinggi dibandingkan dengan pewarnaan Ziehl Neelsen.


Simpulan. Perbandingan pemeriksaan Mycobacterium tuberculosis menunjukkan bahwa pemeriksaan GeneXpert lebih unggul dibandingkan dengan pemeriksaan BTA pewarnaan Ziehl Neelsen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
MURTAFI'AH, Ni' matul -; FADHILAH, Fitri Rahmi; KRISDARYANI, Rizka. Perbandingan hasil pemeriksaan Mycobacterium tuberculosis dengan GeneXpert dan pewarnaan Ziehl Neelsen di rumah sakit Mitra Anugrah Lestari. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 188-196, dec. 2020. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/381>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v9i2.381.