Fenomena perilaku bullying pada anak di tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Latar Belakang : Fenomena bullying dapat berawal dari tingkat keagresifan perilaku yang tidka terkendali pada masa anak sekolah dasar. Namun hal ini dapat dicegah dengan meningkatkan pengawasan pergaulan negatif dari anak dan teman-teman mulai dari mencontohkan hal- hal yang baik, lebih menyaring teman-teman anak yang memberikan efek positive. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fenomena bullying di kalangan anak sekolah dasar di Kota Jambi
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Penelitian dilakukan di SDN 116/IV Kota Jambi tahun 2019. Sampel penelitian berjumlah 66 orang siswa dipilih menggunakan teknik simple random sampling
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden adalah perempuan (57,6%) yang berusia 10 tahun (66,7%) dan memiliki gambaran kategori perilaku bullying yang berat (63,6%).
Kesimpulan : pihak sekolah diharapkan perlu mengadakan kebijakan anti bullying di sekolah dengan memberikan teguran, hukuman serta melakukan promosi dengan memasang poster anti bullying di setiap ruangan kelas
Downloads
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.