Hygiene and sanitation of catering services A2 class in Pangkalan Kerinci health cernter area

  • Riska Epina Hayu STIKes Al Insyirah Pekanbaru
  • Suwarni Suwarni STIKes Al Insyirah Pekanbaru
  • Eva Mayasari STIKes Al Insyirah Pekanbaru

Abstract

Latar Belakang : Jasa catering digunakan untuk penyediaan makanan di berbagai tempat dan untuk berbagai keperluan dan acara, seperti menyajikan makanan pada pesta, seminar, pegawai pabrik atau kantor, namun tidak semua jasa catering memperhatikan kebersihan dalam mengolah makanan. Kasus keracunan makanan sering terjadi pada jasa catering yang salah satunya disebabkan oleh sanitasi dan higienitas pengolahan makanan yang kurang baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui higiene dan sanitasi pelayanan catering kelas A2 di wilayah kerja Puskesmas Pangkalan Kerinci.


Metode : Metode penelitian ini adalah survei tentang penerapan higiene sanitasi jasa boga pada katering golongan A2 sesuai persyaratan SK 1096/MENKES/PER/VI/2011. Populasi dalam penelitian terdiri dari 10 katering jasaboga dan 28 penjamah makanan jasaboga di wilayah kerja Puskesmas Pangkalan Kerinci. Sampel penelitian terdiri dari 10 katering dan 28 penjamah makanan katering jasaboga di wilayah kerja Puskesmas Pangkalan Kerinci. Analisis data menggunakan observasi dari Permenkes RI 1096/MENKES/PER/VI/2011 dengan penilaian higine dan sanitasi jasaboga yang memenuhi syarat skor 70-74 dan tidak memenuhin syarat skor <70.


Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan untuk higine dan sanitasi dalam pengelolaan jasaboga (katering) golongan A2 di wilayah kerja Puskesmas Pangkalan Kerinci dilihat dari ukuran tingkat higine dan sanitasi catering dengan jumlah 10 katering, kategori tingkat higine dan sanitasi katering memenuhi syarat ada 6 perusahaan katering (60,0%) dan terdapat 4 katering dengan kategori tidak memenuhi syarat (40,0%). Uji kelayakan untuk higine penjamah makanan dalam pengelolaan jasaboga (katering) golongan A2 di wilayah kerja Puskesmas Pangkalan Kerinci yaitu 18 penjamah makanan yang memenuhi syarat (64,3%) dan 10 penjamah makanan yang tidak memenuhi syarat (35,7%).


Kesimpulan : Tidak semua jasa catering memenuhi syarat kelayakan fisik dalam melaksanakan higiene sanitasi jasa catering, namun dalam melaksanakan prinsip higiene saniter dari masing-masing variabel dalam catering sudah ada yang memenuhi syarat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-21
How to Cite
HAYU, Riska Epina; SUWARNI, Suwarni; MAYASARI, Eva. Hygiene and sanitation of catering services A2 class in Pangkalan Kerinci health cernter area. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 44-49, june 2023. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/728>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v12i1.728.