The depression status in the elderly living with family

  • Lisa Anita Sari Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

Abstract

Abstrak


 


Latar Belakang : Penuaan merupakan suatu proses alami yang akan terjadi pada setiap makhluk hidup yang terjadi secara alami, hal ini mempengaruhi fungsi dan kemampuan tubuh secara keseluruhan. Penurunan kemampuan pada lansia menyebabkan gangguan psikososial pada lansia berupa depresi. Depresi merupakan terganggunya fungsi yang berkaitan dengan alam perasaan yang sedih dengan gejala penyerta berupa perubahan pola tidur dan nafsu makan, konsentrasi, kelelahan, tidak berdaya dan lain-lainnya. Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang angka kejadiannya masih tergolong cukup tinggi di Kota Jambi, khususnya di Puskesmas Simpang IV Sipin. Angka kejadian gangguan mental yang cukup tinggi tersebut dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas hidup pada lansia. Keluarga yang memiliki anggota lansia dirumah hendaknya dapat memenuhi kebutuhan kesehatan lansia. Peran keluarga sangat mempengaruhi keadaan kesehatan pada lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status depresi pada lansia yang tinggal bersama keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi.


Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang dilakukan terhadap 138 responden yang diambil dengan menggunakan simple random sampling dan dilakukan pada bulan Desember 2019. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner BDI sebagai kuesioner penelitian dan dianalisis secara univariat. Kriteria inklusi penentuan sampel adalah lansia yang berusia 60 tahun keatas, terdiagnosis dengan gangguan mental dan tinggal bersama keluarga di rumah.


Hasil : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa karakteristik umur reponden paling banyak rentang 60-64 tahun sebanyak 92 responden (66,7%). Jenis kelamin responden yang paling banyak yaitu perempuan sebanyak 85 responden (61,6%). Pendidikan responden yang paling banyak yaitu SMP sebanyak 56 responden (40,6%). Status perkawinan responden yang paling banyak yaitu janda dan duda sebanyak 99 responden (71,7%). Hasil analisis menunjukkan bahwa status depresi pada lansia yang tinggal di rumah bersama keluarga yang terbanyak yaitu depresi ringan sebanyak 97 responden (70,3%).


Kesimpulan : Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lansia memiliki resiko terkena depresi, sehingga diharapkan kepada keluarga maupun petugas kesehatan untuk senantiasa memantau status kesehatan psikologis pada anggota keluarga dengan lansia.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
SARI, Lisa Anita. The depression status in the elderly living with family. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 154-162, dec. 2020. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/415>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v9i2.415.