Modifikasi pati kentang secara pregelatinasi dengan perbandingan pati dan air (1: 1,25)

  • Barmi Hartesi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Lili Andriani
  • Lia Anggresani
  • Mahadma Bhima Whinata
  • Haflin Haflin Jurusan Farmasi, Poltekkes Kemenkes Jambi

Abstract

Latar Belakang : Kentang (Sollanum tuberosum L.) merupakan suatu tumbuhan yang menghasilkan pati. Bahan  yang banyak digunakan di industri makanan dan farmasi  salah satunya adalah  pati, yang digunakan sebagai bahan pengisi (filler), pengahcur (desintegran) dan pengikat (binder) dalam  pembuatan tablet, pil dan kapsul. Pati sebagai bahan tambahan sangat luas pemakaiannya karena bersifat inert dan dapat dicampur dengan hampir semua obat tanpa menimbulkan reaksi kimia.  Namun pati alami yang digunakan masih banyak kekurangan terutama sifat alir yang jelek. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan  karakterisitik dari pati kentang pregelatinasi yang baik.


Metode : Penelitian ini dilakukan  dengan metode experimental di lbaoratorium dengan membuat 9 formula pati pregelatinasi dengan perbandingan pati dan air (1:1,25) serta variasi suhu (45,50 dan 55oC) dan rpm (200,250 dan 300)


Hasil : Pati alami yang didaptkan dilakukan standariasi agar mendapatkan kualitas pati yang baik sesuai persyaratan, kemudian  evaluasi pati pregelatinasi dibandingkan dengan avicel dan starch RX.  Hasil standariasi pati alami kentang didapatkan hasil yang baik terkecuali pada cemaran logam berat timbal (Pb) yaitu 2,0mg/kg sedangkan syaratnya yaitu 1,0 mg/kg. Pada pati pregelatinasi mendapatkan  hasil karakteristik yang baik setiap formulanya. Pati alami yang awalnya tidak mengalir setelah dibuat pregelatinasi semua formula dapat mengalir dan memperbaiki sudut istirhat serta nilai kompresibilitasnya.


Kesimpulan : pati pregelatinasi didapatkan  hasil yang baik pada semua formula dan dengan meningkatanya suhu dan rpm akan memperbaiki karaktersistiknya. F9 adalah formula yang terbaik dengan menggunakan suhu 55oC dan 300 rpm.


Kata kunci : Kentang, pregelatinasi, suhu dan rpm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
HARTESI, Barmi et al. Modifikasi pati kentang secara pregelatinasi dengan perbandingan pati dan air (1: 1,25). Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 177-187, dec. 2020. ISSN 2548-6462. Available at: <http://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/431>. Date accessed: 04 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v9i2.431.

Most read articles by the same author(s)