Gambaran kecemasan pada ibu postpartum sectio caesarea di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta

Gambaran kecemasan pada ibu postpartum sectio caesarea di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta

  • Dwi Susanti Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta
  • Dwi Yati Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta

Abstract

Latar Belakang: Sectio Caesarea (SC) merupakan sebuah proses persalinan dengan metode pembedahan untuk mengeluarkan bayi dengan irisan yang dilakukan di perut ibu atau dengan laparotomy. Persalinan SC dapat memberikan dampak berupa nyeri, rasa takut dan cemas. Kecemasan yang terjadi pada ibu post SC dapat mengakibatkan banyak masalah salah satunya adalah produksi ASI tidak lancar dan proses menyusui terganggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada ibu postpartum sectio caesarea di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Agustus-Oktober 2020 di Ruang Nifas RSUD Panembahan Senopati Bantul. Sampel dalam penelitian adalah ibu postportum sectio ceesarea sebanyak 30 responden, diambil dengan teknik consecutive sampling. Alat pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi.


Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden berpendidikan menengah sebanyak (60.0%), alasan melahirkan secara sectio caesarea karena masalah yang terjadi pada ibu sebanyak (50.0%), tidak memiliki riwayat sectio caesarea sebanyak (76.75). Sedangkan untuk gambaran tingkat kecemasan responden sebagian besar dalam kategori ringan sebanyak (63.3%) dan kecemasan sedang sebanyak (36.7%).


Kesimpulan: Ibu postpartum sectio caesarea di RSUD Panembahan Senopati Bantul mengalami kecemasan dalam ketegori ringan.


 


Kata kunci: Ibu, Postpartum, Sectio Caesarea, Cemas


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
SUSANTI, Dwi; YATI, Dwi. Gambaran kecemasan pada ibu postpartum sectio caesarea di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 163-169, dec. 2020. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/462>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v9i2.462.