Kesehatan mental masyarakat selama pandemi covid-19: Literatur review

  • Aan Febriani Universitas Jenderal Soedirman
  • Yollanda Ardhitya Putri Universitas Jenderal Soedirman
  • Sharah Ayuni Universitas Jenderal Soedirman
  • Saryono Saryono Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap perubahan rasa khawatir, takut, panik, tertekan, dan depresi pada kalangan masyarakat. Tujuan dari penulisan ini yaitu mengetahui tingkat kesehatan mental masyarakat akibat pandemi Covid-19.


Metode: yang digunakan berupa pencarian database pada Science Direct, PubMed, dan Google Scholar dengan kata kunci Covid-19, kesehatan mental pada masyarakat dan pandemi. Systematic review ini menggunakan 16 artikel dengan kriteria yaitu terbit pada tahun 2020-2021 dengan naskah lengkap, berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 


Hasil: penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan kesehatan mental masyarakat akibat pandemi Covid-19. Masyarakat berisiko tinggi terkena depresi akibat pemberlakuan pembatasan fisik, pembatasan sosial dan karantina.


Kesimpulan: Penatalaksanaan pandemi covid-19 hendaknya memperhatikan aspek kesehatan mental, sehingga kebutuhan manusia secara holistik terpenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aan Febriani, Universitas Jenderal Soedirman

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Yollanda Ardhitya Putri, Universitas Jenderal Soedirman

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Sharah Ayuni, Universitas Jenderal Soedirman

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Published
2021-06-30
How to Cite
FEBRIANI, Aan et al. Kesehatan mental masyarakat selama pandemi covid-19: Literatur review. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 43-50, june 2021. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/518>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v10i1.518.
Section
artikel