Perbandingan efektivitas obat antidiabetik oral terhadap penurunan kadar gula darah pada pasien DM Tipe 2 Rawat Jalan di Rumah Sakit “X”Kota Jambi

  • Defirson Defirson Poltekkes Kemenkes Jambi
  • Lailan Azizah Poltekkes Kemenkes Jambi

Abstract

Latar Belakang :Diabetes Melitus (DM) adalah suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. DM berdampak pada menurunnya kualitas hidup, menyebabkan morbiditas yang tinggi dan kematian dini, serta hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan biaya kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan obat antidiabetik oral glimepirid dan metformin pada pada pasien DM tipe 2 rawat jalan di Rumah Sakit “X†Kota Jambi.


Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif dengan melakukan penelusuran dokumen terdahulu yaitu rekam medik dan lembar resep pasien diabetes mellitus tipe 2 di Rumah Sakit “X†Kota Jambi periode Mei-Juli 2019 berdasarkan kriteria inklusi yang ditetapkan.


Hasil: Pada karakteristik jenis kelamin didapatkan pada laki-laki lebih banyak mengalami diabetes mellitus tipe 2 yaitu sebesar 51,2 % dan pada karakteristik umur, pasien paling banyak mengalami DM tipe 2 adalah pasien dengan umur antara 45 - 64 tahun sebesar 84,1%. Pada data nilai pengukuran gula darah menggunakan metformin dan glimepiride selama 3 bulan menunjukan nilai (P>0,05). Data penurunan gula darah menggunakan metformin sebesar 33,61 dan menggunakan glimepirid sebesar 31,51 pada penderita DM Tipe 2. Pada perbandingan Efektivitas Metformin dan Glimepirid dalam menurunkan Gula Darah pada penderita DM Tipe 2 menunjukkan bahwa dengan nilai 0,933 (p>0,05).


Kesimpulan : Glimepirid dan metformin efektif menurunkan kadar gula darah pasien DM tipe 2 rawat jalan di Rumah Sakit “X†Kota Jambi dan pada hasil uji statistik, didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna efektivitas glimepirid dan metformin untuk menurunkan kadar gula darah pasien DM tipe 2 rawatjalan di Rumah Sakit “X†Kota Jambi.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
DEFIRSON, Defirson; AZIZAH, Lailan. Perbandingan efektivitas obat antidiabetik oral terhadap penurunan kadar gula darah pada pasien DM Tipe 2 Rawat Jalan di Rumah Sakit “Xâ€Kota Jambi. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 134-142, dec. 2021. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/550>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v10i2.550.