Kiat menghadapi COVID-19 untuk orang sehat

  • Nofrida Saswati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Parman Parman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Medi Andriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Erni Afrida Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

Abstract

Indonesia masih dilanda wabah pandemik COVID-19, sama dengan negara lain di Dunia. Jumlah kasus COVID-19 terus bertambah dengan beberapa melaporkan kesembuhan, tapi tidak sedikit yang meninggal. Usaha penanganan dan pencegahan terus dilakukan demi melawan COVID-19 dengan gejala mirip flu. munculnya pandemi menimbulkan stres pada berbagai lapisan masyarakat. Meskipun sejauh ini belum terdapat ulasan sistematis tentang dampak COVID-19 terhadap kesehatan jiwa, namun sejumlah penelitian terkait pandemi (antara lain flu burung dan SARS) menunjukkan adanya dampak negatif terhadap kesehatan mental penderitanya. Siswa SMK DB 1 kelas XII merupakan kelompok orang sehat, dimana siswa tersebut melakukan pembelajaran secara online dan offline. Pembelajaran offline sangat berisiko bagi orang yang sehat untuk terkonfirmasi COVID-19, maka dari itu kami melakukan pengabdian kepada masyarakat kepada siswa SMK DB 1 kelas XII tentang Kiat Menghadapi Covid-19 untuk Orang Sehat (OS) agar terhindar dari penularan covid 19.Metode pada pengabdian ini dilakukan dengan ceramah, diskusi dan demonstrasi. Hasil setelah dilakukan kegiatan pengabdian ini didapatkan pengetahuan baik sebanyak 78% dan pengetahuan cukup sebanyak 22%.


Hasil pengabdian terdapat peningkatan pengetahuan tentang kiat menghadapi COVID-19 untuk orang sehat bagi siswa SMK DB 1 kelas XII, diharapkan pihak sekolah selalu meningkatkan upaya dalam kiat menghadapi COVID-19 bagi seluruh siswa SMK DB 1

Published
2021-04-29
How to Cite
SASWATI, Nofrida et al. Kiat menghadapi COVID-19 untuk orang sehat. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 13-19, apr. 2021. ISSN 2686-1003. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/jphi/article/view/507>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.30644/jphi.v3i1.507.