Pemanfaatan toga dalam bentuk serbuk instan guna peningkatan imunitas pada masa pandemi di Poncol RT 03 RW 05 Pekalongan Timur

  • Siska Rusmalina Program Studi D-III Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Pekalongan
  • Arum Ardianingsih Program Studi S-1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pekalongan
  • Kharismatul Khasanah Program Studi S-1 Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Pekalongan
  • Nafis Danial Hadi Program Studi D-III Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Pekalongan
  • Selvia Meilisa Program Studi D-III Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Pekalongan

Abstract

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RT.03 RW. 05 Dukuh Poncol Kelurahan Poncol Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan merupakan mitra PkM yang diusulkan. Anggota mitra PkM ini terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang tidak produktif secara ekonomi. Namun berhasrat kuat menjadi kelompok ekonomi produktif dengan memanfaatkan pekarangan yang mereka miliki guna peningkatan kesehatan dan ekonomi keluarga. Pengusul dengan mitra PkM telah melakukan observasi melalui FGD, dan terumuskan permasalahan mitra. Progam Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di bulan Juni  – September 2021, bertempat di RT.03 RW.05 Dukuh Poncol Pekalongan Timur. Sasaran kegiatan adalah Ibu-Ibu PKK RT.03 RW. 05 Dukuh Poncol Pekalongan Timur. Progam PkM ini secara garis besar Pengurusan Ijin Pelaksanaan Kegiatan PkM, Sosialisasi Kegiatan Kepada Mitra dan Pembentukan Koordinator, Penyuluhan Manfaat TOGA,Pemahaman apakah TOGA itu, Jenis-jenis tanaman TOGA, Penyuluhan manfaat TOGA untuk Kesehatan, Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Hasil TOGA, dan Monitoring dan Evaluasi (monev) disetiap progam yang dilaksanakan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini sangat memberikan manfaat terutama bagi warga RT.03 RW. 05 Poncol Pekalongan Timur yakni meningkatnya  pengetahuan warga terhadap Toga, cara memanfaatkan TOGA guna mengatasi masalah kesehatan, dan pengolahan TOGA menjadi produk bernilai ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari nilai postes sasaran yang menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan atau pemahaman sasaran mengenai TOGA.


 

Published
2021-10-31
How to Cite
RUSMALINA, Siska et al. Pemanfaatan toga dalam bentuk serbuk instan guna peningkatan imunitas pada masa pandemi di Poncol RT 03 RW 05 Pekalongan Timur. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 61-74, oct. 2021. ISSN 2686-1003. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/jphi/article/view/559>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.30644/jphi.v3i2.559.