Kepuasan pasien terhadap pelayanan terapis gigi dan mulut di Poli Gigi Puskesmas Rawat Inap Tanjung Kabupaten Muaro Jambi

  • Hendry Boy Poliktenik Kesehatan Jambi
  • Retno Dwi Sari Politeknik Kesehatan Jambi
  • Wijaya Wijaya Politeknik Kesehatan Jambi
  • Suraja Darma Wijaya Politeknik Kesehatan Jambi

Abstract

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi tingginya. Salah satu strategi utama Kementerian Kesehatan RI adalah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas yaitu melalui Puskesmas. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi Puskesmas mencakup pelayanan medis gigi yang dilakukan oleh dokter gigi serta pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut oleh Terapis Gigi dan Mulut (TGM).  Jenis penelitian survey desriptif, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, pada seluruh pengunjung di Poli Gigi Puskesmas Rawat Inap Tanjung Kabupaten Muaro Jambi berumur diatas 12 tahun yang bersedia mengisi kuesioner setelah dilakukan perawatan. Kepuasan pasien terhadap sikap dalam pelayanan yang diberikan oleh TGM di Poli Gigi Puskesmas Rawat Inap Tanjung, paling banyak dengan kriteria puas sebesar 66,6 %  dan masih ada yang berkriteria kurang puas sebesar 2,8%. Kepuasan pasien terhadap terhadap fasilitas penunjang pelayanan TGM, paling banyak dengan kriteria puas 61,1%, serta yang berkriteria cukup puas 38,9%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
BOY, Hendry et al. Kepuasan pasien terhadap pelayanan terapis gigi dan mulut di Poli Gigi Puskesmas Rawat Inap Tanjung Kabupaten Muaro Jambi. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 190-195, dec. 2021. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/556>. Date accessed: 18 june 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v10i2.556.