Pengaruh struktur keluarga dan kesehatan mental terhadap perilaku seksual pada remaja

  • Eko Winarti Universitas Kadiri
  • Anis Nikamtul Program Studi D3 Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri, Kediri
  • A’im Matun Nadhiroh Program Studi D3 Kebidanan,Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Firdausi Rahmadhani Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo

Abstract

Latar Belakang : Problematik perilaku seksual pada remaja erat kaitannya dengan isu global yang sejalan adanya peningkatan jumlah kasus yang signifikan. Karakteristik perilaku seksual pada remaja dipengaruhi secara signifikan oleh struktur keluarga dan kesehatan mental. Namun, belum banyak penelitian di Indonesia yang mengeksplorasi pengaruh faktor tersebut terhadap perilaku seksual pada remaja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh struktur keluarga dan kesehatan mental terhadap perilaku seksual pada remaja.


Metode : Penelitian cross-sectional dengan pendekatan convenience  sampling sebanyak 108 remaja di kota Kediri, Jawa Timur. Pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online melalui google from pada media sosial. Data menggunakan uji Person korelasi, Independent t test dan linier regresi dengan Adjusted Coefficients b dan 95% Confidence Interval (CI).


Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua yang utuh meningkatkan 1.61 kali perilaku seksual yang positif dibandingkan dengan orang tua tunggal. Kemudian, kesehatan mental memiliki pengaruh yang positif terhadap perilaku seksual (b = 0.77, 95% CI = [0.05, 0.09]) dengan faktor variabel pengganggu seperti jenis kelamin dan umur.


Kesimpulan : Secara independen, struktur keluarga dan kesehatan mental merupakan faktor penting dalam mempengaruhi perilaku seksual. Hasil dari penelitian dapat menjadi faktor penting dalam memahami perilaku seksual di kalangan remaja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30
How to Cite
WINARTI, Eko et al. Pengaruh struktur keluarga dan kesehatan mental terhadap perilaku seksual pada remaja. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 51-58, june 2021. ISSN 2548-6462. Available at: <https://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/rik/article/view/529>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v10i1.529.
Section
artikel